Demam Game Genre ‘Autochess’, Kamu Pilih yang Mana?

perbandingan game auto chess

Akhir-akhir ini, kita sedang dilanda game bergenre strategi yang sedang marak dimainkan gamer lokal.

Berawal dari Auto Chess, berupa Custom Mod pada game Dota 2. Kemudian, Drodo Studio selaku pengembang orisinal mod Auto Chess, telah membuat stand-alone game ini, yang akhirnya dirilis oleh Dragonest Co.

Melihat kesuksesan game Auto Chess Mobile, Perusahaan game Dota 2 (Valve) dan Riot Games (League of Legends) akhirnya juga mengeluarkan game serupa.

Dengan tajuk Dota Underlords dan Teamfight Tactics (TFT), keduanya dipercaya dapat menandingi keramaian game Auto Chess.

Setelah mencoba tiga game ini, tim GCUBE akan membahas lebih dalam mengenai game-game ini. Yuk, simak bahasan lengkapnya di bawah ini!

Auto Chess

Auto Chess adalah game strategi Auto-Battler pertama yang dikembangkan Drodo Studio.

Auto Chess memiliki beragam pilihan unit, dengan race dan class unik dengan berbagai efek untuk membantu pemain dalam pertarungan.

Saat ini, Auto Chess memiliki 4 mode permainan yaitu Casual, Ranked, Novice dan Fantasy.

Satu sesi game Auto Chess umumnya akan menghabiskan waktu 25-35 menit, kecuali mode Novice yang memiliki jumlah pemain dan player health lebih sedikit.

Yang Kami Suka dari Game Ini

UI dan Tampilan Lebih Sederhana

auto chess early game buy

Terdapat Mode Novice

Sejak patch update terakhir Auto Chess, terdapat mode Novice yang memiliki gameplay lebih sederhana. Dalam mode ini, pilihan unit jadi terbatas, serta tidak ada fitur item, sehingga mode ini juga jadi pilihan bagi pemain casual karena sesi permainan lebih singkat dengan max HP dan jumlah pemain lebih sedikit.

Yang Kami Tidak Suka dari Game Ini

Faktor RNG yang Terlalu Besar untuk Drop Item

Mode Casual dan Ranked di Auto Chess saat ini terlalu tergantung pada faktor RNG untuk drop item yang didapatkan dari mengalahkan creep.

Hal ini dirasa terlalu mengusik balance pada permainan karena seorang pemain bisa sangat terbantu jika berhasil mendapatkan item-item tertentu.

Dota Underlords

Dota Underlords adalah game Auto Chess yang dibuat oleh Valve dengan konsep hero, item dan design dari game Dota 2, yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pemain Dota 2.

Game ini tentunya akan menjadi pilihan favorit bagi penggemar game Dota 2, yang berminat untuk mencoba game MOBA sejuta umat yang dibawakan ke genre strategi pada game Dota Underlords.

Yang Kami Suka dari Game Ini

Konsep Hero, Item dan Graphic yang Orisinal dari Dota 2

Dota Underlords membawa konsep hero, item dan design yang orisinal sesuai dengan game MOBA Dota 2.

Seperti yang kita ketahui, Dota 2 merupakan salah satu game MOBA terpopuler buatan Valve. Karena itu, pemain Dota 2 akan familiar dengan konsep dari game Underlords.

Cross-platform Play untuk Versi Mobile dan Desktop

Karena game ini telah tersedia untuk platform Mobile dan Desktop, Underlords menyediakan fitur cross-platform play. Sehingga pemain versi Mobile dan Desktop tetap dapat bermain secara bersamaan.

cross platform underlords

Offline-play untuk Mode Bot dan Tutorial

Underlords saat ini dapat dimainkan juga secara offline untuk mode bot, sehingga pemain yang sedang bepergian dan memiliki akses internet buruk tetap bisa memainkan Dota Underlords di mana pun.

Faktor RNG yang lebih kecil

Underlords terasa lebih imbang dibandingkan Auto Chess pada mechanic untuk mendapatkan item. Di Underlords, kita bisa mendapatkan item/skill khusus yang dapat dipilih sebagai reward, setelah berhasil mengalahkan creep wave.

item pick reward underlords

Yang Kami Tidak Suka dari Game Ini

Versi Mobile yang Berat dan Kurang Teroptimasi

Mengingat game ini masih dalam fase beta, versi mobile dari Underlords masih terasa berat untuk perangkat lower-end. Oleh karena itu, masih banyak juga bug-bug yang ditemukan di dalamnya.

UI dan Tampilan Battle Lebih Rumit

Sebagai gamer casual, battle pada Dota Underlords lebih sulit untuk diikuti karena graphic yang lebih mendetail, mengikuti konsep orisinalnya, sehingga sulit untuk menduga momen penting yang dapat membalikkan kondisi battle.

Dari segi UI, meskipun terlihat lebih menarik, tim GCUBE merasa informasi-informasi yang tersedia pada versi mobile lebih sulit untuk ditemukan.

Teamfight Tactics

Teamfight Tactics adalah game bergenre Auto Chess yang dikembangkan oleh Riot Games. Teamfight Tactics, disingkat TFT, membawa konsep champion dan item dari game MOBA usungannya, League of Legends.

intro teamfight tactics

Pada TFT, pemain akan direpresentasikan sebagai Little Legends yang akan bertarung dengan 7 Little Legend lainnya.

Kemudian, membentuk tim dengan Champion-champion yang sudah dikenal dari League of Legends.

Untuk saat ini, TFT belum tersedia untuk Mobile. Bagi yang ingin mencoba game ini, dapat men-download dan memainkan versi desktop-nya langsung melalui client Garena League of Legends.

Yang Kami Suka Dari Game Ini

Konsep Champion, Item, dan Graphic yang Orisinal dari League of Legends

Teamfight Tactics membawa konsep champion, item, dan design yang orisinal sesuai dengan game MOBA League of Legends. Oleh karena itu, pemain League of Legends akan lebih familiar dengan game TFT.

Fase Shared Draft yang Unik

TFT memiliki hal unik yang tidak diterapkan oleh game lainnya, yaitu fase Shared Draft, dimana Little Legend pemain akan memilih satu dari sejumlah unit di Carousel yang akan diperebutkan secara realtime.

Uniknya lagi, Little Legend dari tiap pemain dapat bergerak dan menghampiri unit yang diinginkan untuk memilihnya.

shared draft teamfight tactics

Yang Kami Tidak Suka Dari Game Ini

Belum tersedia versi Mobile

Saat ini, TFT belum memiliki versi mobile-nya sendiri, tetapi Riot Games telah merencanakan perilisan untuk Mobile meskipun belum memiliki tanggal pasti untuk game-nya.

Wah, keren yah game-gamenya!

Jadi, menurut GCUBE, tiap game memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk saat ini, sebagai pengusung pertama untuk genre ini, Auto Chess menjadi pilihan yang terbaik bagi player mobile karena gamenya cukup ringan dan teroptimasi.

Sementara untuk Dota Underlords, mungkin akan tetap menjadi pilihan favorit bagi penggemar game Dota 2 dengan versi PC nya yang sudah cukup stabil dan seru dimainkan.

Begitu juga dengan Teamfight Tactics yang mungkin jadi favorit bagi penggemar game League of Legends, seperti pilihan para streamer internasional yang masih merajai View Count di situs streaming game twitch.tv .

Nah, kalau kalian pilih yang mana nih? Yuk beri komentar anda dibawah!

BACA JUGA