Direktur Disgaea 5, Takehisa Matsuda: SRPG Sangat ‘Niche’

demon-dari-disgaea-akan-menginvasi-alchemist-code-september-ini-banner

Setelah ada kolaborasi antara Alchemist Code dengan Disgaea, tim Alchemist Code mendapat kesempatan untuk melakukan interview dengan direktur dari seri Disgaea, Takehisa Matsuda.

Tim tersebut menggunakan kesempatan ini untuk menanyakan masa depan Disgaea, kolaborasi antara Alchemist Code dan Disgaea, dan tentang genre Strategy RPG.

Apa Kata Bos Disgaea?

Selamat datang dan terima kasih sudah bersama kami hari ini. Kami berharap bisa mendengarkan apa pikiranmu untuk perkembangan JRPG.

Takehisa Matsuda: Terima kasih sudah menerima saya hari ini.

Fans kami akan bisa menikmati kolaborasi antara seri terjahat di genre SRPG, Disgaea, dengan Alchemist Code yang memiliki 6 juta download di seluruh dunia dan tersedia di bahasa Inggris, Prancis, Jerman dan Spanyol. Bagaimana perasaanmu dengan ini?

M: Saya senang bahwa kolaborasi antara dua game SRPG, Alchemist Code dan Disgaea menjadi nyata, dan lebih banyak orang akan mengetahui tentang Disgaea.

Seri Disgaea tidak mendapat rilisan di Jerman dan Spanyol, jadi saya bersyukur kepada tim Alchemist Code untuk membuat itu terjadi.

Pertama-tama, untuk catatan pribadi, menurutmu apa yang menjadi kekuatan dan daya jual untuk Alchemist Code dan Disgaea?

M: Meskipun salah satu kekuatan Disgaea adalah di berbagai sistem leveling yang dimiliki, seperti level dan parameter, saya menemukan bahwa daya tarik karakter juga memiliki efek yang kuat. Saya rasa Alchemist Code memiliki kekuatan yang sama karena game itu membuat player dapat memperkuat unit yang menarik.

Banyak game yang saat ini memperburam hal-hal yang biasanya merupakan hal unik di antara RPG. Dengan hal ini, apa menurutmu yang merupakan elemen utama dari Strategy RPG, seperti Alchemist Code dan Disgaea , yang membedakan mereka dari RPG lain?

M: Ini akan mirip dengan jawaban saya sebelumnya, tetapi saya rasa hal utama dari SRPG adalah meningkatkan level dari karakter bagus dan kemudian kamu akan menggunakan mereka jauh lebih intensif daripada genre RPG lain.

Dibalik setiap SRPG yang bagus terdapat berbagai elemen gameplay. Bagaimana kamu menyeimbangkan elemen strategis ini, seperti di Disgaea, Item World, Geo Panel, Dark Assembly?

M: Terdapat dua hal. Hal pertama adalah kami perlu memastikan arah sistemnya tidak akan saling mengganggu satu sama lain. Jika demikian halnya, maka kami tidak perlu khawatir akan hubungan dari keduanya dan ini akan membuat mengontrol keduanya menjadi lebih mudah.

Yang kedua adalah, saat kami mempersiapkan sistem yang arahnya akan saling melengkapi, relasi antara dua sistem ini akan memiliki efek yang besar di hasil akhirnya kami perlu mengerti setiap elemen, dan menentukan batas terbesar dan terkecil dari kombinasi yang ada. Dengan mengontrol itu, kami akan bisa mengatur keseimbangan antara elemen yang ada.

Saat kami menganalisis bagaimana kinerja genre SRPG, kami bisa melihat beberapa elemen yang tidak bisa ditemukan di genre lain. Salah satu elemen uniknya adalah Job System/Job Class yang besar. Menurutmu mengapa Job System/Job Class itu penting untuk SRPG?

M: Pada dasarnya, saya merasa elemen unik tersebut perlu diberikan kepentingan yang tinggi di SRPG. Meskipun begitu, meski saat ini kami memperhatikan mereka di game-game Disgaea sekarang, kami khawatir bagaimana membedakan antar class yang ada menjadi sulit seiring bertambahnya jumlah karakter dan class. Karena menurut saya, perlu ada perbedaan tidak hanya di sistem tetapi juga di visual dan kepribadian (pengisi suara) di antara karakter.

Genre SRPG memiliki stigma sebagai game yang sulit dan stigma itu mencegah banyak orang untuk mencobanya. Tetapi akhir-akhir ini, meningkat jumlah game-game SRPG  yang muncul di berbagai platform. Apakah kamu melihat SRPG meningkat lagi di kedepannya?

M: Saya rasa ini tidak akan terus meningkat karena SRPG adalah genre yang niche. Tetapi, karena ada pasar baru untuk genre ini dalam bentuk aplikasi smartphone, mungkin ini adalah saatnya SRPG akan hidup kembali dan akan menjadi semakin banyak.

Disgaea adalah game yang dalam dan tidak lazim yang memiliki cerita yang berlebihan tentang Netherworld, para Demon yang ada dengan masalah mereka sehari-hari. Jadi kami ingin tahu, dari awalnya, apa inspirasi dari Disgaea?

M: Saya rasa ide kami rata-rata datang dari manga, film, dan berbagai hiburan. Selain itu juga hal-hal yang terjadi di dunia nyata yang didiskusikan oleh staf kami.

Disgaea sering diketahui dengan ilustrasi 2Dnya yang fantastis, pixel art dan gameplay yang 2.5D. Di kolaborasi ini, para karakter Disgaea diberikan versi 3D mereka yang baru. Apa yang kamu pikirkan tentang desain baru mereka di The Alchemist Code ini? Dan yang mana favoritmu?

M: Saya sangat terkesan dengan desain untuk Seraphina dan Usalia. Tetapi mereka semua dibuat dengan bagus. Bahkan staf kami yang biasanya menyukai desain 2D mengatakan “3D Sprite ini bagus.”

Apakah kami bisa mengekspektasi cerita yang berlebihan yang merupakan ciri khas dari Disgaea di kolaborasi ini?

M: Saya rasa previewnya, dimana orang-orang yang mengenal Disgaea akan mengenalinya, mengeluarkan pesona dari para karakternya. Kamu merasa banyak usaha yang dimasukkan ke situ karena ada rekaman suara dan berbagai hal lain yang khusus dibuat untuk kolaborasi ini.

Diantara para karakter yang muncul untuk kolaborasi Disgaea ini, menurutmu yang mana yang akan cocok, atau bahkan bisa bertahan dengan baik di dunia Alchemist Code?

M: Red Magnus berlaku sangat bagus di preview ceritanya, jadi saya rasa dia? Menurut saya Alchemist Code akan cocok dengan dia.

Laharl pun sangat kuat jadi itupun bagus karena itu sangat terasa Disgaea.

Ini adalah hal yang sangat ingin diketahui para fans. Prinny. Menurutmu, apakah mereka teman yang lucu dan imut atau senjata pemusnah massal?

M: Saya merasa mereka agak seram, mereka juga memiliki lingkungan kerja yang buruk.

Sebagai pertanyaan terakhir, kami ingin mengacu pada rilisnya Disgaea 1 Complete di barat pada bulan Oktober nanti. Apa yang kamu harap akan menjadi hal yang paling dinikmati oleh fans dan apa yang kamu harap akan mereka nantikan?

M: Karena kami meningkatkan grafisnya, saya ingin mereka mengapresiasi bagaimana kami membuat karakternya lebih ekspresif. Game ini akan dirilis di PS4 dan Switch, jadi saya harap kamu akan mencoba di platform yang kamu senangi.

Terima kasih untuk waktumu. Terakhir, apakah kamu memiliki pesan yang ingin kamu berikan pada fans di seluruh dunia?

M: Nantikanlah datangnya karakter Disgaea ke dunia Alchemist Code! Kami harap kamu juga menikmati game terbaru kami, Disgaea 5, dan juga Disgaea 1 Complete yang akan tersedia Oktober nanti di PS4 dan Switch.

Selamat berpetualang di Disgaea untuk kalian semua!

BACA JUGA