Banyak Fitur Baru, Pokemon GO Laris Lagi?

GCUBE pokemon-go-laris-lagi-banner

Pokemon GO dirilis pada 5 Juli 2016 silam untuk iOS dan Android. Minggu pertama setelah rilis pun menunjukkan popularitas dengan berhasil memecahkan rekor untuk download terbanyak.

Game ini punya sistem di mana kamu tidak hanya menggunakan smartphone untuk memainkan gamenya, melainkan perlu berjalan-jalan ke tempat yang penting di sekitar mereka! Dengan banyaknya Pokemon yang bisa ditangkap oleh pemain, baik baru ataupun lama, game ini bisa memberikan alasan yang banyak agar kamu olahraga.

Tahun lalu, bisa dikatakan Pokemon GO kehilangan sekitar 90% dari player mereka. Dari 1.600.000 daily users, berkurang jadi sekitar 148.000.

Tetapi sekarang, Superdata melaporkan keuntungan Pokemon GO per Mei 2018 mencapai 104 Juta Dollar Amerika. Angka tersebut naik 174% dari 2017 silam.

Kenapa Keuntungan Pokemon Go Naik?

Hal ini bisa dibilang karena berbagai update and fitur baru yang diberikan oleh Niantic untuk Pokemon Go.

Apa saja update dan fitur baru ini?

1. Pokemon Baru

pokemon-go-new-pokemon

Pada saat dirilis, Pokemon GO hanya memiliki Pokemon dari Generasi 1, yaitu para Pokemon dari Kanto.

Sekarang, Pokemon GO sudah mendapatkan tambahan Pokemon dari 2 Generasi, yakni Johto dan Hoenn. Dengan penambahan tersebut, Niantic menyediakan 372 Pokemon yang bisa ditangkap saat ini.

2. Efek Cuaca

pokemon-go-weather

Saat kamu membuka Pokemon GO, di bagian kanan atas akan menunjukkan cuaca yang ada saat itu. Hal tersebut akan berubah sesuai dengan cuaca di keadaan sekitarmu, dan akan diupdate setiap jam.

Terdapat 8 cuaca saat ini, Hujan, Berangin, Salju, Berkabut, Cerah (Siang Hari), Terang (Malam Hari), Mendung dan Berawan.

Cuaca-cuaca ini akan memengaruhi Pokemon yang akan muncul dan juga meningkatkan serangan jurus dengan tipe tertentu.

3. Field dan Special Research


Bagian-bagian yang ditandai pada gambar adalah bagian yang bisa membantumu untuk menang!

Field Research adalah Research yang bisa kamu selesaikan setiap hari, tetapi hanya 1 misi saja yang perlu kamu selesaikan untuk mendapatkan cap. Misi-misi ini didapatkan dari memutar Pokestop. Jika kamu sudah mendapat 7 cap, kamu akan mendapat Pokemon yang bagus.

Untuk Special Research, saat ini hanya terdapat satu Special Research, dan menyelesaikan ini akan membuat kamu mendapat Mew. Special Research ini akan memberikanmu banyak misi yang akan memberikan hadiah yang bagus.

4. Raid

pokemon-go-raid

Saat kamu melewati Gym, terkadang kamu akan melihat sebuah telur di situ. Ini berarti, Gym itu akan menjadi tempat untuk Raid setelah kira-kira 1 jam dari saat telur itu pertama kali muncul.

Warna telur akan menentukan tingkat kesulitannya, dari Pink, Kuning, dan Hitam. Semakin tinggi tingkat Raidnya, semakin banyak orang yang kamu perlukan untuk mengalahkan Pokemon tersebut… dan mendapat kesempatan untuk mendapatkan Pokemon itu.

Untuk melawan Raid Boss ini, kamu juga memerlukan Raid Pass, dan ini bisa kamu dapatkan setiap hari dengan memutar Pokestop yang ada di Gym, tetapi kamu hanya bisa memegang 1 saja Raid Pass yang gratis ini.

5. Gym

pokemon-go-dasar4

Gym pun mengalami perubahan dari awal Pokemon Go, dan sekarang, ini adalah sistemnya.

Pokemon yang ditaruh akan memiliki “CP” sebagai HP dari mereka, dan CP ini akan terus menerus berkurang semakin lama mereka di Gym tersebut, dan juga akan dikurangi saat mereka dikalahkan. Hal ini membuat Pokemon di Gym semakin lemah semakin lama waktu berjalan.

Di sisi lain, jika kamu menaruh Pokemon di Gym, kamu akan mendapatkan 1 koin setiap 10 menit Pokemon itu berada di Gym… sampai Pokemon itu dikalahkan. Tetapi, kamu hanya bisa mendapatkan 50 koin dari sistem ini perhari.

Koin tersebut hanya bisa kamu dapatkan setelah Pokemonmu dikalahkan.

6. Perubahan di Sistem

pokemon-go-buddy

Selain dari perubahan dan tambahan mekanik diatas, terdapat juga sistem baru di game ini, seperti:

  1. Buddy - Kamu bisa membawa Pokemonmu berjalan denganmu untuk mendapatkan Candy.
  2. Friend - Kamu bisa meng-add temanmu ke Friend List yang kamu miliki dan saling mengirim Gift, dan bahkan mendapat Bonus.
  3. Trading - Kamu juga bisa menukar Pokemon dengan temanmu, tetapi ini ada batasan 100 meter.

Bagaimana? Apakah update yang diberikan oleh Pokemon GO menarikmu untuk bermain lagi? Berikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

BACA JUGA