Pengantar

Auto Chess Beginner Guide
Auto Chess Mobile adalah game strategi yang berawal sebagai custom mod dari game Dota 2 yang dikembangkan oleh Drodo Studio dan dirilis oleh Dragonest.

Buat kamu yang baru main : Guide ini akan memberikan informasi dan tips-tips tentang hal yang harus dipahami agar mahir dan menguasai game ini!

1. Cara Menang di Auto Chess

Untuk menang di Auto Chess, kita harus menjadi pemain terakhir yang bertahan hidup diantara 7 pemain lain.

Tiap sesi game akan terdapat total 8 pemain, dimana kita akan beradu untuk mempertarungkan tim yang kita bentuk dan menjadi pemain terakhir yang bertahan hidup pada permainan pada map yang berbentuk seperti papan catur dengan grid berukuran 8x8.

Tiap pemain akan mulai dengan 100 HP. Permainan akan berlangsung dengan sistem round yang akan dimulai dengan pembelian unit dan penyusunan tim pada prepare phase untuk kemudian bertarung melawan creeps dan pemain lainnya pada battle phase. Jika kita kalah pada battle phase HP player akan berkurang sesuai dengan unit/creep lawan yang bertahan hidup.

2. Memahami Round

Round di Auto Chess terbagi menjadi 2 fase yaitu

  • Prepare Phase : Fase untuk jual/beli unit, pengaturan formasi unit tim, menaikkan exp level player, dan pengaturan item.
  • Battle Phase : Fase pertarungan player dengan creep atau pemain lainnya yang akan berlangsung otomatis hingga salah satu sisi kalah/waktu habis.

Tiap Round di Auto Chess sudah terstruktur dari game, sehingga kita akan selalu melawan wave creep pada round tertentu dan melawan pemain lain pada round lainnya.

Berikut ini daftar round-round spesial untuk melawan creep :

ROUND CREEP WAVE
Round 1 Ent Squad
Round 2 Ent Crusader
Round 3 Ent Archon
Round 10 Rock Golem
Round 15 Wolf Pack
Round 20 Lethal Ursa
Round 25 Wild Wing Ripper
Round 30 Thunderhide
Round 35 Black Dragon King
Round 40 Glacier Clan
Round 45 Nian Beast
Round 50 Roshan

Note :

  • Mengalahkan creep akan memberikan drop item secara random
  • Player akan mendapatkan 1 exp pada tiap awal round baru
  • Di luar round-round spesial, kita akan melawan tim pemain lainnya yang ditentukan secara acak.

3. Chess Piece (Unit)

Di game Auto Chess Mobile, kita bisa mendapatkan unit untuk tim kita dengan membeli di store dari 5 pilihan unit untuk dibeli tiap round, yang akan direfresh tiap pergantian round.

Tiap unit memiliki quality(rarity) yang memiliki persentase berbeda-beda untuk muncul di store.

Tiap unit juga memiliki Race dan Class tertentu, dimana race dan class akan memberikan berbagai buff untuk tim kita jika kita memiliki sejumlah unit dari suatu race/class.

Untuk membangun tim yang kuat kita perlu merencanakan komposisi unit-unit di tim kita dan berusaha untuk memperoleh 3 unit yang sama sehingga dapat di rank-up agar menjadi lebih kuat hingga 3-star.

auto chess combine unit

4. Level & Exp

Tiap player memulai permainan pada level 1. Kita harus memiliki Exp yang cukup untuk naik level. Semakin tinggi level kita, max unit yang bisa kita bawa ke dalam tim pada battle juga semakin banyak. Dengan level yang lebih tinggi, persentase munculnya unit dengan quality lebih tinggi di store juga akan meningkat.

Kita akan memperoleh 1 exp tiap mulai round baru. Kita bisa membeli 4 exp dengan biaya 5 gold yang dapat dilakukan kapanpun.

5. Manajemen Gold

Manajemen gold sangatlah penting untuk mencapai rank teratas di Auto Chess.

Early Game (Round 1-10)

auto chess early game buy

Pada awal-awal permainan, kita sudah harus memikirkan combo tim yang ingin kita mainkan, sehingga kita tidak sembarang membeli unit yang synergy-nya kurang baik. Pada early game, tergantung dengan unit-unit yang muncul di store, kita harus berusaha untuk mendapatkan unit bintang 2 sebanyak-banyaknya yang cocok dengan combo tim yang kita mainkan. Disamping itu, hal yang penting pada early game yaitu kita harus menabung dan utamakan membeli unit yang akan kita gunakan saja untuk komposisi tim kita.

Oleh karena itu, tidak disarankan juga untuk melakukan reroll dan level up, kecuali kita kurang beruntung dengan RNG pada store dan terlalu lemah dibandingkan pemain lainnya.

Mid Game (Round 11-20)

Pada mid game, seharusnya kita sudah mencapai level 5 atau 6 dan memiliki beberapa bintang 2. Di saat ini, jika combo tim yang kita inginkan sudah mulai terkumpul, maka kita hanya perlu mengembangkan combo tim kita sehingga synergy-nya lebih kuat dan berusaha untuk upgrade unit-unit pada combo tim kita hingga bintang 3.

Di round-round awal mid-game janganlah terlalu boros jika combo tim dan unit kita sudah cukup baik. Hanya lakukan reroll jika keadaan tim kita kurang baik dibanding tim-tim lainnya.

Hal yang terpenting dalam manajemen gold ada pada mid game, dimana kita harus menabung gold kita. Auto Chess memiliki sistem Interest (bunga), dimana tiap kelipatan 10 Gold, kita akan mendapatkan bunga 1 Gold. Interest ini dapat diakumulasi hingga max 5 gold, yang berarti gold minimum adalah 50 Gold. Jika gold kita sudah mencapai 50 gold lebih, kita mulai bisa lebih bebas dalam membelanjakan gold untuk mengincar unit yang kita butuhkan dan melakukan level-up.

Late Game (Round 20 keatas)

auto chess late game

Jika kita telah menabung dengan baik, pada late game kita cukup bebas untuk membelanjakan gold kita. Terus berusaha untuk rank-up dan mencapai level 10, dan menjadi tim yang terkuat bertahan diantara player-player lain. Umumnya permainan sudah akan berakhir sekitar round 30. Maka di late game, tugas kita hanya untuk bertahan hidup dan membentuk combo tim kita semakin kuat agar dapat mencapai rank-rank atas.

Hal yang tetap perlu diingat di round-round awal pada late game yaitu untuk tidak terlalu boros jika keadaan tim kita sudah cukup kuat dibanding tim-tim lainnya, karena interest gold yang didapatkan dari menabung akan memberikan keuntungan lebih pada akhirnya.

6. Menyusun Combo Tim

Komposisi Tim yang Baik

Auto Chess memiliki berbagai macam race dan class yang memiliki kelebihannya masing-masing. Dalam merencanakan komposisi tim, umumnya kita akan memerlukan sejumlah unit carry yang dapat memberikan damage besar dan konstan ke tim musuh dan unit tank untuk menahan damage di baris depan dan melindungi unit-unit carry kita.

Unit tank umumnya menyerang dengan melee(jarak dekat) dan HP yang lebih besar. Tanpa adanya unit tank, tim kita akan sulit untuk bertahan hidup karena unit carry yang mampu memberikan damage besar akan cepat mati.

Jadi, komposisi tim yang baik di Auto Chess yaitu tim yang lengkap dengan unit carry dan tank yang juga memperhatikan combo synergy dari unit-unit yang digunakan dalam tim, karena buff yang diberikan dari synergy race/class akan makin memperkuat tim kita di pertarungan.

Di bawah ini GCUBE bagikan juga rekomendasi combo synergy yang mudah dimainkan pemula.

Rekomendasi Combo Synergy

Combo Egersis - Goblin - Warrior (2x Egersis - 3x Goblin - 3x Warrior)

Combo Egersis - Goblin - Warrior ini termasuk combo yang kuat dan mudah untuk digunakan pemula karena pilihan unit yang cukup luas dan buff yang solid untuk meratakan musuh dan bertahan lebih kuat dengan adanya buff warrior dan goblin.

Dengan combo ini, komposisi inti tim yang akan kita bentuk yaitu :
- 2x Egersis
Pilihan Unit : Egersis Ranger, Evil Knight, Soul Reaper
Efek Synergy : Semua musuh memiliki -4 armor.

Pada early game kita berusaha untuk mendapatkan egersis ranger yang akan menjadi DPS dari tim kita. Selain itu, kita bisa memilih untuk mengembangkan Evil Knight atau Soul Reaper saja untuk mengaktifkan synergy dari egersis.
- 3x Goblin
Pilihan Unit : Sky Breaker, Ripper, Soul Breaker, Heaven Bomber
Efek Synergy : Memberi unit di tim secara acak +12 armor dan +10 hp regen

Goblin adalah race yang kuat di early-mid game. Karena banyaknya dan keseringan untuk muncul di level-level awal, maka goblin akan berguna untuk membantu kita bertahan hingga late game.
- 3x Warrior

Efek Synergy : Semua warrior di tim mendapatkan +5 armor
Karena banyaknya pilihan unit warrior, pemain dapat memilih unit warrior apapun yang paling sering muncul untuk dirank-up hingga bintang 3.


Jika kita telah berhasil membentuk combo tim inti diatas, kita bebas memilih untuk mengembangkan tim kita dengan melengkapi unit warrior, egersis, atau dari class lainnya sesuai dengan unit yang sering muncul di store.

Combo Hunter - Spirit - Warrior/Goblin (3x Hunter - 2x Spirit - 3x Warrior/3x Goblin)

Combo ini merupakan salah satu combo yang mudah dimainkan juga karena komposisi tim yang cukup merata dari tiap race/class nya lengkap dengan DPS bervariasi dan jumlah tank yang cukup menjadi tameng bagi carry tim.

Komposisi tim yang akan dibentuk yaitu :

-  3x Hunter

Pilihan Unit : Egersis Ranger, Skull Hunter, Sniper, Wind Ranger, Siren
Efek Synergy : Semua hunter di tim mendapatkan +35 attack damage dan chance 35% untuk menembus evasion dari synergy feathered

Di combo ini, hunter menjadi unit DPS utama kita untuk memberikan damage konstan. Posisikan hunter di baris belakang atau pada sudut board sehingga mereka aman dari serangan assassin.

- 2x Spirit

Efek Synergy : Semua unit spirit di tim mendapatkan chance 30% untuk menjadikan musuh yang menyerang menjadi batu selama 4 detik.Di combo ini, kita bisa mengambil unit Stone Spirit yang bisa menjadi tank solid untuk melindungi dps kita dan mengacaukan barisan musuh. Selain itu, kita juga bisa mengambil Water Spirit atau Thunder Spirit yang mampu memberikan nuke untuk membantu menghabisi musuh.

- 3x Warrior/3x Goblin

Efek Synergy Warrior : Semua warrior di tim mendapatkan +5 armor
Efek Synergy Goblin : Memberi unit di tim secara acak +12 armor dan +10 hp regen

Warrior / Goblin akan menjadi tank untuk melindungi unit-unit kita. Jika kita memiliki keberuntungan dari RNG yang baik pada awal-awal permainan, kita bisa fokus dalam mengembangkan unit goblin kita. Jika kurang beruntung, warrior akan menjadi pilihan yang lebih baik karena lebih kuat hingga late game.


Combo ini cukup merata dengan dps yang solid dari hunter dan spirit. Combo ini menjadi pilihan yang baik karena adanya variasi race/class synergy, sehingga kuat untuk dibawa ke late game dan tentunya mudah untuk dibentuk jika kurang beruntung dalam menemukan unit tertentu dari store.

7. Tips & Trik Lainnya

  • Gunakan fitur lock pada store untuk menyimpan pilihan unit di store ke round selanjutnya jika ada unit yang ingin kita beli namun kekurangan gold.
    auto chess lock store
  • Berikan item damage/attack speed ke unit DPS dan item armor/magic resistance ke unit tank.

Sekian tips dan panduan dari GCUBE untuk game Auto Chess Mobile untuk membantu mencapai rank atas. Perlu diingat bahwa game Auto Chess saat ini sangat tergantung faktor keberuntungan karena unit yang kita inginkan tidak selalu muncul di store, sehingga pemain harus bisa beradaptasi untuk memperkuat combo timnya jika unit-unit awal belum berhasil untuk di rank-up. Oleh karena itu, jika kita berhasil mencapai rank 1-4 sudah cukup baik.